Berita Terbaru

Protected by Copyscape DMCA Copyright Protection

  • Definisi Stres dan Cara Menghilangkan Stress

    Definisi sederhana, stres adalah reaksi tubuh terhadap ancaman atau tantangan yang timbul dari situasi (disebut stressor) yang dapat bersifat positif atau negatif. Tubuh tidak membedakan antara stres psikologis dan fisiologis.

    Gejala Fisik:

    Perubahan fisik ketika stres antara lain otot tegang, detak jantung berdebar, berkeringat dingin atau tangan lembab, sakit kepala, berkeringat, dan perasaan mual-mual di lambung, mulut kering, sakit perut, mulas, pilek, kelelahan, sembelit, gigi menggiling, kulit ruam dan sakit punggung.

    Mental dan Gejala perilaku:

    Cepat marah, cemas, apatis, gugup, depresi, permusuhan, melupakan, kebingungan, amarah pendek, makan berlebihan, makan-berkurang, terlalu emosional, merokok berlebihan / minum dan penarikan dari hubungan.

    Tanda-tanda lain dari stres termasuk berbicara lebih cepat dari biasanya, menggigit satu kuku, mondar-mandir, gelisah, hiperaktif, kemampuan berkurang, dan gemetar. Orang yang mengalami stres kronis akan tampak lelah, gelisah, dan merasa tak terkendali.

    Bagaimana menghilangkan Stress?

    Penelitian telah menunjukkan bahwa pereda ketegangan terbaik adalah latihan fisik. Ini adalah obat besar untuk stres. Tidak ada hal lain yang cepat dalam mengurangi stres. Olahraga juga membantu Anda tidur dengan relaksasi otot-otot yang tegang.

    Manfaat Positif:

    1. Latihan adalah pengalihan yang memungkinkan Anda untuk bersantai karena perubahan lingkungan atau kebiasaan sehari-hari. Hal ini juga berfungsi sebagai jalan keluar untuk mengusir emosi.

    2. Hal ini meningkatkan aliran darah ke otak Anda, membawa tambahan gula dan oksigen yang mungkin diperlukan bila Anda berpikir intensif.

    3. Bila Anda berpikir keras, neuron otak Anda berfungsi lebih intensif. Ketika mereka melakukan ini, mereka dapat membangun produk-produk limbah beracun yang dapat menyebabkan pikiran berkabut. Dengan melatih kecepatan aliran darah melalui otak Anda, produk limbah pun akan bergerak lebih cepat.

    4. Latihan dapat menyebabkan pelepasan bahan kimia yang disebut endorfin ke dalam aliran darah Anda. Ini memberikan rasa kebahagiaan dan rasa positif mempengaruhi keseluruhan kesejahteraan Anda.

    5. Ada juga bukti yang menunjukkan bahwa orang sehat secara fisik kurang respon fisiologis yang ekstrim saat berada di bawah tekanan daripada mereka yang tidak. Hal ini berarti bahwa orang lebih mampu menangani dampak jangka panjang dari stres, tanpa menderita sakit atau kelelahan.

    Selain program olahraga teratur, Anda dapat menggabungkan latihan ini mengurangi untuk stres.

    1. Lakukan beberapa gulungan leher lembut untuk membantu menyingkirkan ketegangan. Biarkan dagu turun perlahan ke depan. Perlahan-lahan lenggangkan kepala Anda lalu bahu kanan Anda, punggung, bahu kiri dan depan. Sekarang melakukan hal yang sama dalam arah yang berlawanan. Lakukan perlahan-lahan dan ulangi 10 kali.

    2. Tarik napas dalam-dalam napas 10. Isi paru-paru penuh, tahan dan buang napas perlahan, menghilangkan semua udara. Ulangi. Menghirup oksigen segar juga akan mengisi ulang energi Anda.

    3. Berbaringlah di lantai atau duduk di kursi yang nyaman. Dengan tangan Anda di sisi Anda atau di lengan kursi, visualisasikan setiap bagian dari tubuh Anda, mulai dengan jari-jari kaki Anda dan naik. Luangkan waktu Anda dan tubuh Anda merasa rileks, sedikit demi sedikit.

    4. Duduk di tepi kursi Anda, dan bersandar ke depan, beristirahat, dada Anda berada pada lutut Anda dengan tangan Anda dan kepala menggantung. Perlahan-lahan buka gulungan tangan Anda di lutut, ruas demi ruas, sampai Anda duduk baik dan lurus. Ini merupakan latihan yang sangat baik untuk unknotting punggung

    5. Berdiri dan peregangan dengan tangan Anda di atas kepala Anda. Swing bawah untuk menyentuh jari Anda, tekuk lutut Anda jika Anda perlu. Ulangi 5 sampai 10 kali. Sekarang letakkan tangan Anda pada pinggul Anda, dengan kaki terpisah. Membungkuk ke depan sampai dada sejajar. Putar kepala Anda dan tubuh perlahan-lahan ke kiri, lalu kanan depan. Ulangi lima sampai 10 kali.

    Tulisan ini tentunya masih memiliki kekurangan, untuk itu silahkan berikan tanggapan Anda, kritik ataupun saran melalui Komentar di bawah ini.

0 comments:

Leave a Reply

Website Sponsor

Tinggalkan Pesan